Sabtu, 19 November 2016

Cara Efektif Merancang kegiatan outbound

Kegiatan Outbound Training bukan sekedar bermain main namun punya tujuan meningkatkan Kompetisi seseorang bisa ditingkatkan melalui pengembangan pengetahuan, skill, dan sikap/karakter yang bersangkutan. Outbound training bertujuan menggali dan meningkatkan skill dan karakter individu. Untuk hasil yang maksimal, kegiatan outbound dipandu oleh instruktur yang berpengalaman. Dan yang terpenting, program outbound harus focus pada hasil, bukan pada aktivitasnya itu sendiri.

Seperti halnya pelatihan apapun kegiatan Outbound training perlu di rencanakan terlebih dahulu di sesuaikan dengan kebutuhan,kondisi peserta,bahkan usia peserta Outbound jelas berbeda kebutuhan anak sekolah dengan Outbound perusahaan secara umum bagaimana merencanakan kegiatan Outbound training.

1. Menetapkan target/tujuan
Yang penting asik,seru dan membuang kepenatan biasanya ini tujuan dari klien namun kita sebagai provider juga harus memberikan pemahaman bahwa kegiatan outbund harus ada tujuanya,apalagi sebuah kegiatan aktifitas Outbound training adalah sebuah sarana pembelajaran perlu di tetapkanya target dan tujuan yang di sesuaikan juga dengan kebutuhan klien.

Untuk apa kegiatan outbound dilaksanakan? Apakah Untuk mengasah kebersamaan (team building)? Memompa semangat berprestasi (achievment motivation)? Kepemimpinan (leadership)? Atau untuk tujuan yang lain??

Penetapan tujuan dan target ini penting untuk mendesain setting kegiatan yang akan dilaksanakan, meliputi pemilihan lokasi, merumuskan materi, dan jenis-jenis materi dalam outbound tersebut.

2. Menyiapkan tim instruktur.
Tim instruktur bisa jadi merupakan kunci keberhasilan kegiatan outbound training. Entah itu real outbound (high maupun middle impact) maupun hanya bersifat fun games. Instruktur harus orang yang berpengalaman di bidangnya, terutama outbound yang beresiko tinggi, sehingga outbound bisa menjadi aman dan nyaman.

3. Menentukan lokasi kegiatan.
Setelah tujuan atau target kegiatan telah ditentukan, maka setelah itu adalah menentukan tempat/lokasi kegiatan outbound banyak pertimbangan untuk melakukan Outbound . Adakalanya kegiatan outbound dilakukan hanya sebagai pelengkap atau variasi saja.

4. Menyiapkan alat yang diperlukan.
Agar kegiatan outbound berjalan dengan baik, segala keperluan menyangkut peralatan yang dibutuhkan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk kegiatan fun outbound biasanya tidak memerlukan peralatan-peralatan yang rumit.
BeberapaTipsEfektifuntukmelaksanakanOutboundTraining

Smart Outbound Adventure
Phone :08777 4333 890 (XL)
085642744662 (Indosat)
WA 08777 4333 890  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar